Apakah Penyakit Autoimun Bisa Disembuhkan?

Apakah Penyakit Autoimun Bisa Disembuhkan?

JAKARTA – Apakah penyakit autoimun sanggup disembuhkan? Hal ini berubah jadi perhatian warga lantaran sejumlah pemukim yang tersebut mengidap penyakit ini.

Selain disebabkan faktor keturunan, autoimun juga bisa jadi terbentuk dikarenakan gaya hidup yang mana kurang sehat.

Dokter Spesialis Penyakit Dalam Konsultan Reumatologi, dr. Andi Raga Ginting, M.Ked, Sp.PD,K-R menjelaskan bahwa penyakit autoimun merupakan sebuah kondisi ketika sistem kekebalan tubuh menyerang sel kemudian jaringan tubuh yang dimaksud sehat.

“Penyakit autoimun ini penyakit yang dimaksud disebabkan oleh kekebalan tubuh kita itu menyerang sel kemudian jaringan tubuh yang sehat. Contoh dari penyakit autoimun itu salah satunya Rheumatoid Arthritis, Lupus, Multiple Sclerosis, Diabetes Type 1, juga masih sejumlah lagi,” kata dr. Andi, diambil dari Instagram @andiragagt, Hari Sabtu (20/4/2024).

Namun, yang tersebut rutin berubah menjadi pertanyaan, apakah penyakit autoimun itu dapat disembuhkan? Dr. Andi menjelaskan hingga ketika ini masih belum ada obat yang digunakan bisa jadi menyembuhkan autoimun secara total.

“Saat ini memang sebenarnya tidak ada ada obat yang benar-benar dapat menyembuhkan penyakit autoimun. Tetapi penyembuhan yang tepat itu dapat mengendalikan penyakitnya,” ujarnya

Akan tetapi, penyakit autoimun miliki penyembuhan yang tersebut bisa jadi membantu mengengendalikan penyakitnya itu, mulai gejala, peradangan hingga menjaga dari kerusakan jaringan tubuh yang dimaksud dapat bermetamorfosis menjadi lebih besar parah bila tak diobati.

“Pengobatan itu biasanya berfokus pada menurunkan gejala, menghurangi peradangan kemudian juga menjaga dari kecacatan jaringan yang tersebut bisa saja terbentuk lebih banyak parah,” jelas dr. Andi.

Dr. Andi juga mengungkap terdapat beberapa jenis penyembuhan yang dimaksud akan digunakan oleh mereka yang digunakan mengidap autoimun, seperti kortikosteroid, pengobatan biologis serta masih sejumlah lagi.

Oleh sebab itu, meskipun penyakit autoimun tiada sanggup disembuhkan secara total, akan tetapi pengidapnya sanggup mengobatinya agar tiada memperparah keadaan kesehatannya.

“Obat-obat anti inflamasi, imunosupresan, kortikosteroid, juga perawatan biologis itu adalah beberapa jenis perawatan yang digunakan pada penyakit autoimun,” ucap dia.