“Dokter Menyarankan Agar Hindari Buka Puasa dengan Gorengan dan Es Buah, Takut Bikin Perut Tidak Nyaman”

JAKARTA – Konsumsi makanan khas Indonesia seperti gorengan dan es buah saat buka puasa dapat menimbulkan masalah kesehatan jika tidak dikonsumsi dengan bijak. Meskipun menjadi hidangan wajib bagi sebagian orang selama bulan Ramadan, dokter menyarankan untuk tidak mengonsumsi kedua makanan tersebut saat buka puasa.

Meskipun terasa lezat, konsumsi gorengan dan es buah saat buka puasa dapat menyebabkan gangguan pencernaan. Kandungan lemak trans dan minyak yang digunakan untuk menggoreng dapat menyebabkan mulas, perut kembung, dan diare. Selain itu, konsumsi es buah dalam jumlah besar juga dapat menyebabkan masalah pencernaan karena kadar gula yang tinggi.

Dokter spesialis penyakit dalam, dr. Decsa Medika Hertanto, SpPD, KGH menyarankan untuk tidak mengonsumsi gorengan dan es buah saat buka puasa. “Gorengan dan minuman manis tidak cocok untuk membatalkan puasa karena kandungan lemak yang tingginya dapat membuat lambung bekerja lebih keras,” ujar dr. Desca melalui akun Instagram pribadinya, @dokterdesca, Jumat (15/3/2024).

Penting untuk mengonsumsi gorengan dan es buah dengan bijak dan membatasi porsi yang dikonsumsi. Lebih baik memilih makanan yang lebih sehat seperti buah-buahan segar, sayuran, protein tanpa lemak tinggi, dan karbohidrat kompleks saat buka puasa. Selain itu, perlu juga memperhatikan cara pengolahan makanan, seperti menggoreng dengan minyak yang lebih sehat dan menghindari penambahan gula berlebihan pada es buah.

“Nah, saran saya adalah untuk memulai berbuka dengan minum air putih terlebih dahulu dan mengonsumsi makanan yang sedikit manis seperti buah atau kudapan kecil. Setelah itu, baru boleh makan gorengan, tetapi tetap perhatikan jumlahnya agar tidak berlebihan,” pungkas dr. Desca.