Penerangan Ahli Farmakologi mengenai Minum Penyelesaian Flu Bisa Konstruktif Narkoba Seperti Istri Bintang Emon

Penerangan Ahli Farmakologi mengenai Minum Penyelesaian Flu Bisa Konstruktif Narkoba Seperti Istri Bintang Emon

JAKARTA Bintang Emon mengumumkan sang istri, Alca Octaviani positif narkoba pasca minum obat flu. Kabar mengejutkan ini dibagikan secara langsung oleh sang komika melalui unggahan ke Instagram pribadinya.

Istri Bintang Emon dinyatakan positif narkoba dikarenakan mengonsumsi obat flu dengan komposisi nalgestan serta actifed. Hal ini terungkap ketika Alca menjalani tes laboratorium hingga menimbulkan para petugasnya terkejut.

“Hari ini Alca perlu medcheckup, lalu dari situ ketahuan bahwa Alca terkena pergaulan bebas Tangerang kota. Tolong dibina pak @infobnn_prov_ntt,” tulis Bintang Emon dikutipkan dari akun Instagram pribadinya, @bintangemon, hari terakhir pekan (26/4/2024).

Ahli farmakologi Prof. apt. Zullies Ikawati, Ph.D menjelaskan asal-mula obat flu yang tersebut mengandung nalgestan kemudian actifed bisa jadi memberikan hasil positif palsu sewaktu melakukan tes urine.

Menurutnya, obat nalgestan kemudian actifed miliki isi fenilpropanolamin, pseudoefedrin, obat anti alergi klorfeniramin maleat, dan juga triprolidin. Kandungan yang disebutkan biasanya digunakan sebagai pelega untuk hidung yang tersebut tersumbat.

“Obat-obat flu ini mengandung obat pelega hidung tersumbat yaitu fenilpropanolamin, pseudoefedrin, obat anti alergi klorfeniramin maleat kemudian triprolidin,” jelas Prof. Zullies ketika dihubungi MNC Portal Indonesia.

Prof. Zullies mengungkapkan bahwa jikalau dilihat melalui kerangka kimia, medikasi yang disebutkan di antaranya ke pada senyawa amina. Senyawa yang dimaksud miliki bangunan kimia yang mirip dengan metamfetamin, seperti yang mana ada pada golongan narkoba sabu atau ekstasi.

“Secara bentuk kimia, obat-obat ini tergolong senyawa amina, yang dimaksud mirip strukturnya dengan metamfetamin atau golongan sabu atau ekstasi yang merupakan narkoba,” kata Prof. Zullies.